Pentingnya Men’Declare’ Uang Saku Anda

Pentingnya Men’Declare’ Uang Saku Anda

Jika Anda bermaksud melancong ke Negara-negara CIS, Commonwealth of Independent States, urusan men’Declare’ uang saku menjadi suatu hal yang penting saat Anda berada di Imigrasi di Negara-negara tersebut. Negara-negara ini merupakan Negara Persemakmuran Merdeka yang sebelumnya merupakan pecahan dari Uni Sovyet, yaitu diantaranya Uzbekistan, Tajikistan, Kazakhstan, dan sebagainya yang berjumlah kurang lebih 15 Negara.

Kadang-kadang kita tidak begitu peduli dalam urusan ‘Memberi Pernyataan’ berapa uang saku bawaan kita saat akan berkunjung ke satu Negara, alasannya simple karena masalah privacy atau mungkin malas mengisinya dalam form Imigrasi yang disediakan. Namun untuk berkunjung ke salah satu Negara tersebut jangan anggap sepele, atau bisa-bisa liburan Anda menjadi bermasalah.

Saat Anda menginjakan kaki di Negara tersebut dan sebelum melangkah ke Pemeriksaan Imigrasi setempat, isi dan nyatakan dengan jujur uang saku yang Anda bawa pada form yang disediakan, kemudian jangan lupa untuk men-capture dengan ponsel Anda, gunanya agar Anda ingat berapa nilai uang saku yang dinyatakan dan dibawa masuk ke Negara tersebut.

Saat Anda akan pulang meninggalkan Negara tersebut, Anda diwajibkan mengisi kembali dengan jujur berapa sisa uang saku yang Anda bawa kembali keluar dari Negara tersebut. Logikanya simple saja, uang saku yang dibawa kembali harus lebih kecil atau  berkurang nilainya dari sebelum Anda memasuki Negara tersebut.

Setelah memalui pemeriksaan Xray yang ketat, jika Anda didapati sejumlah uang yang tidak di ‘Declare’ sebelumnya, atau uang yang dibawa kembali lebih besar nilainya dari saat Anda nyatakan saat akan memasuki Negara tersebut, Anda akan mendapatkan masalah besar. Anda akan di ‘Interogasi’ panjang oleh Petugas Imigrasi, dan memungkinkan terjadi ‘Missed Flight’ jika waktunya ketat. Sisa uang saku Anda yang akan dibawa pulang ditahan oleh Pemerintah setempat, dan Pemerintah setempat akan mengembalikan melalui Pihak yang mengundang Anda ke Negara tersebut dalam waktu 1 hingga 2 minggu setelahnya. Anda akan menerima uang di kediaman Anda melalui Western Union, tentunya jumlahnya tidak lagi sama karena biaya pengiriman dan perbedaan kurs mata uang.

Selamat berlibur dan selalu menjadi bijak selama bepergian

 

Sumber: Dd, Radin Tour, Jakarta, 07 Mei 2017